Jenis dan Bentuk Canopy

Untuk menentukan pilihan canopy seperti apa yang akan kita pasang di rumah kita, perlu sekali kita mengetahui terlebih dahulu Bentuk-bentuk dan Jenis-Jenis Bahan Canopy yang ada di pasaran. Bentuk canopy polycarbonate yang ada di masyarakat bermacam-macam. Namun secara garis besar bisa dibagi dalam dua bentuk, yaitu: Canopy lengkung dan canopy minimalis.

1. Canopy Lengkung.

Canopy lengkung adalah canopy yang atapnya berbentuk lengkung (cembung) dan pipa yang digunakan adalah pipa bulat. Canopy dengan bentuk ini mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya adalah: lebih kokoh dan tahan terhadap beban diatasnya atau beban dirinya sendiri. Selain itu dengan bentuk yang lengkung, maka ketika turun hujan, suara yang ditimbulkan akibat tetesan air hujab tidak terlalu keras dibandingkan dengan yang bentuk datar.



2. Canopy Minimalis.


Canopy minimalis adalah canopy yang atapnya berbentuk datar dan pipa yang digunakan adalah pipa kotak. Canopy dengan bentuk datar ini mempunyai keunggulan saat ini yaitu bentuknya lagi nge-trend. Selain itu bahan yang dipakai lebih sedikit karena tidak memakai lengkung, jadi harganya sedikit lebih murah dibandingkan dengan canopy lengkung dengan jenis pipa yang sama.
Namun kelemahan dari canopy dengan bentuk datar ini adalah: tidak tahan terhadap beban diatasnya, bahkan ada beberapa canopy minimalis yang dalam jangka panjang mengalami penurunan di daerah tengah sehingga agak cekung. Bila terjadi hal semacam ini dikhawatirkan apabila kemiringan canopy itu kurang, maka air tidak mengalir.

Jenis-jenis pipa bulat maupun kotak untuk Canopy yang ada di pasaran pun bermacam-macam, diantaranya yaitu:

1. Pipa lengkung/kotak besi

Pipa ini terbuat dari bahan besi biasa. Untuk membuat live time canopy dengan pipa ini lebih lama, maka yang harus diperhatikan adalah perawatan pengecatan. Paling tidak setahun sekali harus dicek apakah ada cat yang mengelupas dan terjadi korosi/karat. Bila terjadi, maka sesegera mungkin dilakukan pengecatan ulang.

2. Pipa lengkung/kotak galvanis

Pipa ini terbuat dari bahan galvanis, yaitu campuran besi dengan beberapa logam lain yang tahan karat. orang banyak mengetahui ini pipa ini seperti ini adalah pipa air. Pipa ini lebih tahan karat dibanding pipa besi, akan tetapi penampakannya belum begitu bagus, jadi dalam penggunaannya untuk canopy, tetap memerlukan pengecatan guna menimbulkan unsur keindahan.

3. Pipa lengkung/kotak Stainless

Pipa ini terbuat dari bahan Stainless steel, yaitu logam yang mengandung unsur chromium dan nikel sehingga bisa tahan karat dan penampakannya menyenangkan. Pipa ini memang tahan karat, namun walaupun pipa jenis ini tahan karat, tapi tetap perlu adanya perawatan, yaitu ketika udah mulai banyak muncul bercak-bercak hitam atau putih dan ada juga yang muncul bercak korosi setelah beberapa tahun. Cara perawatannya adalah dengan dengan dipoles, sehingga mengkilatnya muncul kembali.
Semoga dengan pengetahuan ini kita mampu menentukan bentuk dan jenis canopy yang tepat untuk rumah kita.